Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMA IT AL-MADINAH
Tahun 2024
Tanggal Input 30 Jul 2025, 09.32



Abstak

Yuliyanti 201105010914, “Pengaruh Pembelajaran Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di
Kelas XI SMA IT Al-Madinah”. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama
Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2024. Skripsi.
Rendahnya kecerdasan spiritual semakin banyak terjadi pada remaja. Hal ini juga
terjadi di SMA IT Al-Madinah. Meskipun sekolah sudah memilki kurikulum dan
fasilitas memadai namun kualitas pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam itu sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta
didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pembelajaran, tingkat
kecerdasan spiritual, dan pengaruh pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di kelas XI SMA IT Al
Madinah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif
jenis survei dengan teknik pengumpulan data melalui alat ukur kuesioner setelah
itu dilakukan analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas selanjutnya
uji normalitas dan homogenitas serta terakhir dilanjutkan dengan uji hipotesis
menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Kualitas pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam termasuk
kedalam kategori cukup baik dengan hasil jarak interval 62,442 ? Xi < 73,158 yang
artinya 50 dari 71 respoden atau sebanyak 70,4% memberikan penilaian yang
positif. (2) Tingkat kecerdasan spiritual peserta didik di kelas XI menghasilkan
jarak interval 56,920 ? Xi < 67,160 yang artinya sebanyak 52 dari 71 responden
atau sebanyak 73,?rada pada kategori sedang. (3) Hasil uji regresi linier
sederhana mendapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai R Square sebesar
0,332, hal ini menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di kelas XI
SMA IT Al-Madinah sebesar 33,2%.
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Mata Pelajaran PAI, Pembelajaran