Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul HUBUNGAN PROGRAM SHALAT DHUHA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 2 KOTA BOGOR
Tahun 2021
Tanggal Input 02 Jul 2025, 15.52



Abstak

Annisa Handayani (161104090791), Hubungan Program Shalat Dhuha
dengan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Kota
Bogor. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam,
Universitas Ibn Khaldun. Skripsi. 2021.
Ibadah adalah upaya mendekatkan diri kepada Tuhan. Sarana ibadah yang
mendekatkan manusia kepada Allah adalah ibadah. Shalat dapat
meningkatkan kualitas hidup seorang muslim karena banyak hal yang
bersifat mendidik dalam shalat. Shalat Dhuha juga merupakan salah satu
alternatif ibadah yang dapat meningkatkan kecerdasan salah satunya
kecerdasan spiritual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa
dalam melaksanakan shalat Dhuha yang berhubungan kecerdasan spiritual
siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Kota Bogor. Tujuan utama
penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan program shalat Dhuha
siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Kota Bogor yaitu 1) Untuk
mengetahui mengetahui pelaksanaan program shalat Dhuha siswa Kelas
XII IPS di SMA Negeri 2 Kota Bogor. 2) Untuk mengetahui kecerdasan
spiritual siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Kota Bogor. 3) Untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara program
shalat Dhuha dengan kecerdasan spiritual siswa Kelas XII IPS di SMA
Negeri 2 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 02 Bogor
pada bulan Oktober 2021. Populasi meliputi kelas XII IPS yang berjumlah
331 siswa dan sampel penelitian sebanyak 80 siswa dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil
penelitian melalui uji korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara hasil belajar PAI dengan kecerdasan emosional. Uji
tersebut menunjukan nilai korelasi variabel X dan Y 0,551 jika dilihat dari
tabel interpretasi nilai yang diperoleh yaitu 0,40-0,70. Nilai rxy yang
positif menunjukkan arah kedua variabel positif. Dilihat dari interpretasi
data termasuk ke dalam kategori sedang. Pelaksanaan program shalat
Dhuha termasuk ke dalam kategori sedang dengan skor 56,3?n tingkat
kecerdasan spiritual siswa termasuk ke dalam kategori tinggi dengan skor
sebesar 62,5%.
Kata kunci: Program Shalat Dhuha, Kecerdasan Spiritual, Pendidikan
agama islam


Preview