Abstak
Irham Baniardhi (171104090913), “Hubungan Penggunaan Media Quizizz
dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1
Bogor”. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun,
Bogor, 2022. Skripsi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur atau menganalisis apakah terdapat
korelasi ataupun hubungan yang signifikan antara penggunaan media quizizz dengan
motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Bogor. Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Bogor yaitu sebanyak 296 siswa. Sampel
penelitian ini adalah 25% siswa kelas VIII SMPN 1 Bogor, yaitu 74 siswa. Pengumpulan
data dilakukan dengan teknik angket (kuesioner) dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis datanya menggunakan teknik statistik yaitu menggunakan korelasi product
moment untuk mencari hubungan antara kedua variabel, serta menghitung koefisien
determinasi dan melakukan pengujian hipotesis. Hasil analisis data menunjukan korelasi
positif antara penggunaan media quizizz dengan variabel motivasi belajar siswa dengan
nilai yang diperoleh nilai rhitung sebesar = 0,495. Demikian jika dibanding nilai rhitung dengan nilai rtabel, dengan mengambil taraf signifikansi 5?n derajat kebebasan n-2 = 74 – 2 = 72. Dengan demikian bahwa nilai rhitung > rtabel = 0,495 > 0,232. Kemudian berdasarkan pengujian signifikansi koefisien korelasi dengan menggunakan rumus uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,833 dan nilai ttabel pada ? = 0,05 sebesar 1,666 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Quizizz, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam(PAI)