Abstak
ABSTRAK
Anisa Febriana 2017, Npm 131101021393. Judul penelitian: Meningkatan
perkembangan berbahasa anak usia 4-5 tahun melalui metode bermain
peran di Tk Ar-Ridho Sukmajaya Kabupaten Bogor. Hasil bservasi yang
dilaksanakan di TK Ar-Ridho menunjukan bahwa anak tampak kesulitan untuk
mengekspresikan perasaan ataupun pendapat. Masalah pada penelitian ini adalah
penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan perkembangan bahasa
anak usia 4-5 tahun di Tk Ar – Ridho Sukmajaya Kabupaten Bogor. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan berbahasa anak,
mengetahui cara penggunaan metode bermain peran kepada anak, serta mengatasi
masalah dalam meningkatkan perkembangan berbahasa anak. Metode penelitian
ini untuk melihat penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran.
Penelitian ini mengunakan pendekatan action research atau Penelitian Tindakan
Kelas dengan tehnik analisis data dari dua siklus dan studi literatur. Hasil
penelitian menujukan bahwa hasil pra siklus aspek mengungkapkan bahasa
kategori mulai berkembang mencapai 9% (1 anak), pada aspek memahami bahasa
anak kategori mulai berkembang mencapai 6% (1 anak), dan aspek menunjukkan
bahasa kategori mulai berkembang mencapai 4%(1 anak), pada Siklus I
perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun masih rendah karena aspek
mengungkapkan bahasa kategori berkembang sesuai harapan mencapai 10% (2
anak), aspek memahami bahasa kategori berkembang sesuai harapan 3% (1 anak)
dan pada aspek menunjukan kemampuan bahasa kategori berkembang sesuai
harapan mencapai 4% (1 anak). Siklus II perkembangan bahasa anak 4-5 tahun
sudah sangat meningkat kerena pada aspek mengungkapkan bahasa ktegori
berkembang sangat baik mencapai 63% (11 anak), aspek memahami bahasa
kategori berkembang sesuai harapan mencapai 53% (9 anak), dan pada aspek
menunjukan kemampuan bahasa kategori berkembang sesuai harapan mencapai
63% (10 anak). Kesimpulan dari penelitian ini adalah adalah metode bermain
peran mempunyai manfaat dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia
4 – 5 tahun.
Kata Kunci : perkembangan Bahasa, Metode Bermain Peran.