Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Judul HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI MTS AMAL BAKTI CIBINONG KABUPATEN BOGOR
Tahun 2017
Tanggal Input 03 Jul 2025, 12.00



Abstak

ABSTRAK
Nur Afni Handayani, NPM : 131101021277,
judul penelitian
“Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan perilaku sosial siswa di MTs
Amal Bakti Cibinong Kabupaten Bogor” Tujuan dalam penelitian ini untuk
memperoleh data dan informasi tentang : 1) kecerdasan spiritual siswa di MTs
Amal Bakti Cibinong Kabupaten Bogor, 2) prilaku sosial siswa di MTs Amal
Bakti Cibinong Kabupaten Bogor, 3) tingkat hubungan antara kecerdasan spiritual
dengan perilaku sosial siswa, serta untuk menguji hipotesis tentang ada tidaknya
hubungan antara kecerdasan spiritual dengan prilaku sosial siswa di MTs Amal
Bakti Cibinong Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah adalah metode deskritif, kuantitatif dengan teknik pengumpulan data
berupa angket (kuesioner), dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII dan VIII, dengan mengambil 20% siswa dari jumlah 180 siswa
dengan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian ini
yakni : 1) nilai rata-rata kecerdasan spiritual siswa MTs Amal Bakti Cibinong
Kabupaten Bogor pada kategori sedang mencapai 61.11?n kategori tinggi
mencapai 33.33%, 2) nilai rata-rata perilaku sosial siswa di MTs Amal Bakti
Cibinong Kabupaten Bogor pada kategori sedang mencapai 69,45?n kategori
tinggi mencapai 22,22%, 3) rhitung sebesar 0.827 setelah dikonsultasikan dengan
table interprestasi nilai “r” maka nilai rhitung sebesar 0.827 berada pada interval
0,80-1000 dengan kategori SANGAT KUAT. Hal ini menunjukan bahwa
terdapat hubungan yang sangat kuat kecerdasn spiritual dengan perilaku sosial
siswa di MTs Amal Bakti Cibinong Kab Bogor. Nilai thitung sebesar 8,58 dan jika
dikonsultasikan dengan harga ttabel uji dua arah pada taraf signifikasi 0,05?ngan derajat kebebasan (dk) n-2 adalah 34 (36-2=34) maka diperoleh ttabel
sebesar 2,032 sehingga thitung > ttabel (8,58>2,032). Hal ini berarti nilai thitung
berada pada wilayah penolakan hipotesis nol. Berdasarkan data tersebut maka
hipotesis nol (H0 ) yang menyatakan : ”Tidak terdapat hubungan kecerdasan
spiritual dengan perilaku sosial siswa di Mts Amal Bakti Cibinong Kabupaten
Bogor”. Ditolak. Dan hipotesis alternatif (H1), yang menyatakan :terdapat
hubungan antara kecerdasan spiritual dengan perilaku sosial siswa di MTs Amal
Bakti Cibinong Kabupaten Bogor”. Diterima.


Preview