Abstak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PAI yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang
beragam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Game Based
Learning terhadap hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VIII
SMP PGRI Cikupa Bogor, khususnya pada materi puasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu
kelas eksperimen yang menggunakan metode Game Based Learning berbentuk permainan ular
tangga dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, dengan jumlah total 62
siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pre-test dan post-test untuk mengukur hasil
belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelas
eksperimen lebih tinggi (79,39) dibanding kelas kontrol (73,38), dengan rata-rata skor N-Gain
kelas eksperimen sebesar 25,51 dibandingkan kelas kontrol 22,94, meskipun keduanya berada
pada kategori rendah, peningkatan hasil belajar lebih tinggi terjadi pada kelas eksperimen. Hal
tersebut membuktikan bahwa metode Game Based Learning berpengaruh terhadap
peningkatan hasil belajar PAI siswa, metode ini memberikan alternatif pembelajaran yang lebih
menyenangkan dan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Kata kunci : Game Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam