Abstak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran yang
memfasilitasi pengenalan hewan dengan Bahasa Sunda menggunakan teknologi
Augmented Reality (AR) berbasis marker di perangkat Android bagi anak-anak
dengan memanfaatkan teknologi Marker Based AR berbasis Android. AR
menggabungkan dunia fisik dan digital, membuka pintu untuk pengalaman belajar
yang interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development
Life Cycle (MDLC) meliputi tahap pengkosepan, menentukan desain, pengumpulan
bahan, pembuatan aplikasi, pengujian aplikasi dan distribusi kepada pengguna.
Penerapan AR menggunakan Unity dan Vuforia, serta evaluasi melalui uji coba
terbatas dengan partisipasi anak . Hasil penelitian Aplikasi SundaFauna terbukti
berhasil menarik minat belajar anak umur 5-10 tahun dan memperoleh 96% respon
ketertarikan dalam penggunaannya.
Kata kunci: Augmented Reality, Android, Bahasa Sunda, Pengenalan Hewan.