Abstak
ABSTRAK
KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH AMAL BAKTI CIBINONG BOGOR. SKRIPSI, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR. Masalah akhlak bagi para remaja khususnya siswa SMP/MTs merupakan masalah yang harus diperhatikan dan dibina secara khusus. permasalahan kecil seperti perseteruan antar teman sebaya, bullying, merokok, hingga pada persoalan besar yang perlu adanya tindakan dan binaan khusus seperti seks bebas, penyalahgunaan narkoba dan obat obatan terlarang.minuman keras dan tawuran antar pelajar. Untuk pengembalian citra remaja menjadi lebih baik maka salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan kecerdasan emosional siswa secara matang. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Amal Bhakti Cibinong Bogor, dan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Amal Bhakti pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2015. Jenis kelamin yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Field Research) atau penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpul data yaitu teknik angket bentuk skala Likert. wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 50 orang dengan teknik sampel random atau acak, data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan koifisien korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisa data dengan korelasi Product Moment diperoleh hasil nilai rxy = 0,67, nilai rxy = 0,67 yang besarnya berkisar antara 0,40-0,70 menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara variabel X dengan variabel Y dan termasuk pada korelasi yang sedang atau cukup. t tabelpada taraf signifikasi 5%=0,288 dan taraf signifikasi 1%=0,372 dengan df = 48, Hal ini menunjukan rxy lebih besar dari t tabel (rxy>t tabel) baik pada taraf signifikasi 5% (0,67>0,288) maupuntaraf signifikasi 1%(0,67>0,372). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa kelas VIII di MTs Amal Bhakti Cibinong Bogor.
Kata Kunci : Kecerdasan emosional, akhlak