Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi PENDIDIKAN MASYARAKAT
Judul STRATEGI PENGELOLA PKBM AL JAUHAR DALAM MENINGKATKAN RATA-RATA LAMA SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN KESETARAAN DI KELURAHAN CIMAHPAR KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR
Tahun 2024
Tanggal Input 27 May 2025, 14.50



Abstak

Asri Riskawati : “STRATEGI PENGELOLA PKBM AL JAUHAR DALAM
MENINGKATKAN RATA-RATA LAMA SEKOLAH MELALUI
PENDIDIKAN KESETARAAN DI KELURAHAN CIMAHPAR
KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR”.
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang mendesripsikan tentang kondisi
pendidikan di Kelurahan Cimahpar serta strategi pengelola PKBM Al Jauhar
sebagai lembaga pendidikan nonformal dalam meningkatkan kondisi rata-rata lama
sekolah di Kelurahan tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya
penduduk di Kelurahan Cimahpar yang belum menuntaskan pendidikan formal,
disebabkan oleh faktor ekonomi, motivasi, jarak tempuh dan sebagainya. Dampak
dari masih tingginya angka putus sekolah ini menyebabkan rata-rata lama sekolah
di Kelurahan Cimahpar masih rendah. Disamping itu, PKBM Al Jauhar selalu
menunjukkan kontribusi yang positif dalam rangka menangani masalah tersebut,
dan karena itulah Penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi yang
dilakukan oleh pengelola PKBM Al Jauhar dalam meningkatkan rata-rata lama
Sekolah di Kelurahan Cimahpar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengambilan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh
yakni, perencanaan program yang dilakukan PKBM Al Jauhar lebih menekankan
pada proses identifikasi masalah dan sosialisasi program. Pengorganisasian
dilakukan melalui pembagian job description yang jelas, lalu direalisasikan pada
tahap pelaksanaan dengan mengembangkan strategi belajar sesui dengan kebutuhan
siswa. Terakhir, evaluasi ditujukan untuk 2 subjek, yakni warga belajar dan tutor.
Untuk mengetahui capaian pembelajaran peserta didik PKBM Al- Jauhar
melakukan asemen formatif dan sumatif yang berdasarkan pada kriteria-kriteria
tertentu. Sedangkan pendampingan dan pengembangan profesional bagi tutor
dilakukan melalui kegiatan coaching, mentoring dan pelatihan dengan
menggunakan alat penilaian yang jelas dan terukur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa strategi yang dilakukan oleh pengelola PKBM Al Jauhar ini diakui
memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan rata-rata lama sekolah di
Kelurahan Cimahpar.
Kata kunci: Rata-Rata Lama Sekolah, PKBM, Strategi Pengelola