Abstak
Putri Rahmawati NPM 181105050430. Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Keterampilan Menulis Narasi
Siswa Kelas V MI Raudlatul Muta’alimin Bogor. Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah. Fakultas Agama Islam. UIKA. 2022. Skripsi.
Model pembelajaran merupakan pedoman bagi seorang guru dalam
melaksanakan pembelajaran. Hal ini agar memberikan kemudahan bagi siswa
dalam memahami dan menguasai suatu pelajaran. Oleh karena itu pemilihan model
pembelajaran yang tepat harus dilakukan. Salah satu model pembelajaran yang
dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan narasi adalah Model
Pembelajaran Creative Problem Solving dimana model tersebut menekankan pada
pemecahan masalah dan berpikir kreatif dan juga dapat menciptakan suatu
kreativitas siswa dalam memahami dan menyelesaikan suatu masalah. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative
Problem Solving terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V di MI
Raudlatul Muta’alimin Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis
penelitian quasi experiment design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di
Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Muta’alimin Bogor pada kelas V. Analisis data yang
digunakan yakni berdasarkan perhitungan uji paired sample tes SPSS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi
antara siswa yang mengikuti model pembelajaran creative problem solving dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan hasil kelas eksperimen
72,79 dan setelah terjadinya model CPS menjadi 83,29 sedangkan untuk kelas
kontrol 71,36 dan setelah diberikan perlakuan pembelajaran konvensional 77,50.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Creative Problem Solving terhadap
keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V MI Raudlatul Muta’alimin
Bogor.
Kata kunci : Creative Problem Solving, Keterampilan Menulis, Karangan Narasi