Abstak
ABSTRAK
Nurasih NPM:131101021293 judul penelitian, ”Hubungan Antara
Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Disiplin Siswa Di
SMPN 1 Cibungbulang Kabupaten Bogor”.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan menjadi: Bagaimana Hubungan Antara
Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Disiplin Siswa Di SMPN
1 Cibungbulang Kabupaten Bogor, dengan batasan pada: a) Strategi Pembelajaran
Ekstrakurikuler Pramuka, b) Disiplin Siswa dan c) Hubungan Antara Strategi
Pembelajaran Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Disiplin Siswa Di SMPN 1
Cibungbulang Kabupaten Bogor, dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif kuantitatif yang dilengkapi dengan teknik pengumpulan data angket,
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang yang sekaligus dijadikan sampel
yang terdiri dari para anggota Pramuka aktif kelas VIII di SMPN 1 Cibungbulang
Kabupaten Bogor. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti mengajukan
hipotesis nol sebagai berikut: Tidak terdapat Hubungan Antara Strategi
Pembelajaran Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Disiplin Siswa Di SMPN 1
Cibungbulang Kabupaten Bogor.
Dari hasil penelitian didapat Nilai rhitung sebesar 0,61 setelah dikonsultasikan
dengan tabel interpepretasi nilai “r”, maka nilai rhitung sebesar 0,61 berada pada
interval 06,0-0,799 dengan tingkat hubungana atau interpretasi KUAT. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang KUAT antara Strategi Pembelajaran
Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Disiplin Siswa di SMPN 1 Cibungbulang
Kabupaten Bogor. Nilai thitung sebesar sebesar 4,75 ttabel pada derajat bebas 38 = (n
2) = 40 – 2 taraf nyata 5 % (0,05) adalah 2,02439. Dengan demikian thitung> ttabel
(4,75>2,02439). Hal ini berarti nilai thitung berada pada wilayah penolakan hipotesis
Uji. Dengan demikian maka penelitian ini menolak Hipotesis uji atau Hipotesis
nol (H0), dan menerima hipotesis alternatif (H1).
Kata Kunci:Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler Pramuka, Disiplin Siswa.