Abstak
Yuni Aprilia
161104090740
Kualitas pembelajaran di sekolah akan sangat mempengaruhi dalam terbentuknya
karakter siswa dan dapat menghindari terjadinya tawuran antar pelajar jika kualitas
pembelajaran itu sangat tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
harapan apa saja yang diinginkan siswa terhadap kinerja guru terutama pada
pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.
Penelitian ini menggunakan populasi yaitu seluruh siswa di SMK Taruna Terpadu
Bogor, dan untuk pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik random
sampling. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Analisis data menggunakan Tingkat Kesesuaian responden (Tki) yaitu dengan hasil
91,6?n menunjukan harapan dan kinerjanya dapat dinyatakan “sesuai”. Dalam
hasil ini juga dinyatakan bahwa pembelajaran PAI di SMK Taruna Terpadu Bogor
sudah baik. Selain itu peneliti juga menggunakan analisis Importance Performance
Analysis (IPA) yang sudah digambarkan dalam diagram kartesius. Maka dalam 29
atribut yang telah dianalisis dan yang termasuk ke dalam kuadran 1 terdapat 3
atribut priorits yang membutuhkan perbaikan yaitu mengenai pemberian
kesempatan untuk bertukar pikiran dan berpendapat pada saat berdiskusi, untuk
memecahkan suatu masalah bersama teman, dan menumbuhkan kerjasama dalam
kelompok atas arahan guru.
Kata Kunci: Importance Performance Analysis, pembelajaran siswa, tawuran pelajar