Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PERAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS X DI MAN 2 KABUPATEN BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 14.16



Abstak

Siti Iklimah 191105010489. “Peran Metode Cooperative Learning Dalam
Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas X di MAN 2
Kabupaten Bogor”. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam.
Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2023. Skripsi
Menghafal ayat Al-Qur’an banyak membawa nilai positif dalam proses
pembelajaran salah satunya dapat meningkatkan daya ingat siswa. Namun,
sebagian siswa kurang bersemangat ketika guru memberikan tugas hafalan karena
kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Salah satu
metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk memberikan tugas hafalan
adalah metode Cooperative Learning. Penelitian ini bertujuan (1) untuk
mengetahui peningkatan kemampuan menghafal siswa dengan metode
Cooperative Learning (2) untuk mengetahui kemampuan pada siswa yang diajar
dengan menggunakan metode talaqqi (3) untuk mengetahui perbedaan yang
signifikan dalam peningkatan kemampuan hafalan siswa kelas X di MAN 2
Kabupaten Bogor yang diajarkan dengan menggunakan metode Cooperative
Learning dan yang diajar dengan menggunakan metode talaqqi. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimen
dimana pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test hafalan kepada
kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yaitu
kelompok yang diajarkan dengan metode Cooperative Learning berjumlah 33 siswa kelas
X IIK I dan kelompok yaitu kelompok yang diajarkan dengan metode talaqqi berjumlah 33
siswa kelas X IIK II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan
pada kelas kontrol yang yang diajarkan dengan metode talaqqi sebesar 20,29% (2)
terdapat peningkatan pada kelas eksperimen yang yang diajarkan dengan metode
Cooperative Learning sebesar 26,96% (3) Terdapat perbedaan yang signifikan (t=
16,2775, sig=0,000) antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan hasil
tersebut sekolah dapat merekomendasikan para guru mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits menggunakan metode Cooperative Learning dalam proses pembelajaran
untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas X di MAN 2
Kabupaten Bogor.
Kata Kunci: metode Cooperative Learning, kemampuan menghafal