Abstak
Siti Mursidah 181105010267 “Pengaruh Pembiasaan Membaca Al Qur’an
Sebelum Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Al Qur’an Hadits di MTS Sirojul Athfal Cibinong” Pendidikan Agama Islam.
Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2022. Skripsi. Pembiasaan
membaca Al-Qur’an adalah suatu cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan
anak berfikir, bersikap, bertindak sesuai dengan Al-Qur’an .Pembiasaan membaca
Al-Qur’an juga dapat meningkatkan sistem konsentrasi dan kecerdasan pada otak,
serta dapat meningkatkan daya ingat. Semakin kuat daya ingat, semakin mudah
menghafal materi-materi yang telah dipelajari, sehingga dapat mempengaruhi hasil
belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Prestasi belajar
Al Qur’an Hadits siswa yang membaca Al Qur’an, 2). Prestasi belajar Al-Qur’an
Hadits siswa yang tidak membaca Al Qur’an, 3). Pengaruh pembiasaan membaca
Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa Mts Sirojul Athfal
Cibinong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prestasi Belajar siswa pada
mata pelajaran Al Qur’an Hadits yang membaca Al Qur’an dengan jumlah
responden 62 menghasilkan nilai rata-rata 87,06 . Sedangkan untuk prestasi belajar
siswa yang tidak membaca Al Qur’an dengan jumlah responden 62 menghasilkan
nilai rata-rata 86,82. Kemudian, berdasarkan hasil uji koefisien dapat diketahui
bahwa nilai sign sebesar 0.006. karena nilai sign kurang dari 0.05 atau 0.006 < 0.05
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pembiasaan membaca
Al Qur’an sebelum pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Al Qur’an Hadits di MTs Sirojul Athfal Cibinong.
Kata Kunci : Pembiasaan Membaca Al Qur’an, Prestasi Belajar