Abstak
Siti Rohmah
141104090842
Relevansi Metode Sorogan Qiro’ati Terhadap Sistem Pendidikan di Pondok
Pesantren Modern Al-furqon 1.
Metode Sorogan Qira’ti yang akan diteliti hanya untuk hasil nilai tahsin Al
Qur’an pada santri putra dan putri Untuk mengetahui relvansi Sorogan Qiro’ati
Terhadap Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al-furqon 1.
Sistem pendidikan adalah suatu strategi atau cara yang akan di pakai untuk
melakukan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan agar para pelajar tersebut
dapat secara aktif mengembangkan potensi di dalam dirinya yang diperlukan untuk
dirinya sendiri dan masyarakat.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
kualitatif deskriftip. Teknik pengambilan data yaitu dengan menggunakan wawancara
dan tes dengan sampel yaitu santri putra dan putri di Pondok Pesantren Modern Al
furqon 1 yang berjumlah 40 (santri putra) dan 29 (santri putri).
Hasil penelitian ini penulis dapat simpulkan, bahwa adanya relevansi metode
sorogan qiro’qti terhadap sistem pendidikan dipondok pesantren modern Al-furqon 1
dengan bukti hasil tes santri putri hasil tes ke 1 santri putrid menunjukan rat-rata nilai 76
dan hasil tes ke 2 menunjukan nilai 80. Dan hasil tes santri putra tes ke 1 menunjukan
rata-rata nilai 75 dan hasil tes ke 2 80. Dengan begitu menunjukan bahwa adanya
relevansi metode sorogan qiro’ati dipondok pesantren modern Al-furqon 1.