Abstak
Robiatul Aekah
141104090353
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya
kemampuan membaca Al-Qur’an. Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an
disebabkan beberapa faktor, diantaranya guru masih menggunakan metode
konvensional serta dominasi guru dalam proses pembelajaran menjadi pasif dan
membosankan, juga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam membaca
dan mengahafal Al-Qur’an.
Sehubungan dengan permasalahan di atas, melalui penelitian ini
diharapkan memperoleh cara yang tepat untuk memperbaiki mutu pembelajaran
membaca Al-Qur’an di SMP Al-Ghazily Kota Bogor dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an diharapkan dapat meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam membaca panjang pendeknya
dan jelas cara membacanya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK), dengan menggunakan motode tutor sebaya, penelitian tindakan kelas
ini yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi.Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian
dimana tiap siklus difokuskan pada penilaian menbaca Al-Qur’an dengan baik dan
benar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Ghazaly Kota Bogor dengan subjek
penelitian kelas VII A. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh proses
pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik
dan benar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an
dengan menghafal surat Al-Qari’ah. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar
siswa yang terus meningkat.Dari 23 orang siswa hasil tes menghafal Al-Qur’an
pada siklus I hanya mencapai 34% sedangkan yang diharapkan adalah 75?ri
seluruh siswa mencapai KKM (75).Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi
96% meningkat sebesar 53%.
Kata Kunci: Al-Qur’an, Membaca, Tutor Sebaya.