Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TILAWATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA SMPIT AS-SALAM KARANGGAN BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 04 Jul 2025, 14.25



Abstak

Mochammad Fardan Adib Masyruhan 171104090124,” Pengaruh Metode
Pembelajaran Tilawati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada
Siswa SMPIT As-Salam Karanggan Bogor.Pendidikan Agama Islam.
Fakultas Agama Islam.Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2022. Skripsi.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: pertama, untuk mengetahui
bagaimana penerapan metode pembelajaran tilawati pada siswa SMPIT As-Salam
Karanggan Bogor. Kedua, untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca
Al-Qur?an pada siswa SMPIT As-Salam Karanggan Bogor. Ketiga untuk
mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran tilawati terhadap kemampuan
membaca Al-Qur?an pada siswa SMPIT As-Salam Kranggan Bogor. Jenis
penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto, penelitian ini dilakukan sejak bulan
Oktober 2021 sampai dengan bulan Agustus 2022, Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa-siswi SMPIT As-Salam Karanggan Bogor dan sampal pada
penelitian ini adalah berjumlah 62 sampel. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan SPSS versi 23.0. Berdasarkan dari hasil pengujian hasil uji “t” Metode
Pembelajaran Tilawati (X) t-hitung sebesar 2,557 > nilai t-tabel 1,67. Dengan nilai
signifikansi sebesar 0,013 < 0,05 nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05
menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% maka hipotesis HO ditolak dan Ha
diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Pembelajaran Tilawati
(X) terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an (Y). Hal ini menunjukan bahwa
diterapkannya Metode Tilawati mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur?an pada
siswa hal ini diketahui dari data hasil skor yang di peroleh peneliti dari setiap siswa
dengan nilai rata-rata sebesar 90,12 lalu dari hasil test kemampuan membaca Al-Qur?an
yang dilakukan oleh guru kepada siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,29. Saran
dalam penelitian ini yaitu: Berhubung metode tilawati dapat meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur?an siswa, peneliti menyarankan bahwa metode
tilawati ini dapat terus digunakan sebagai salah satu strategi alternatif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa ( membaca Al-Qur?an).
Kata kunci : Metode Pembelajaran, Tilawati, kemampuan membaca Al-Qur?an, SMPIT
As-Salam.


Preview