Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul METODE BLENDED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DI MAN 2 KOTA BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 05 Jul 2025, 09.29



Abstak

Adista Arini 181105010336, “Metode Blended learning Terhadap
Peningkatan Pemahaman Siswa di MAN 2 Kota Bogor”. Pendidikan Agama Islam.
Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2022. Skripsi.
Latar belakang penelitian ini terkait adanya pembelajaran jarak jauh yang
dilakukan secara menyeluruh oleh sekolah akibat pandemi Covid sehingga
menyebabkan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan di sekolah menjadi
pembelajaran di rumah melalui media online. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan, hambatan, dan upaya metode blended learning terhadap
peningkatan pemahaman siswa di MAN 2 Kota Bogor. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (field research).
Temuan penelitian dalam penelitian ini adalah Pertama, Metode blended
learning yang digunakan di MAN 2 Kota Bogor adalah pola 50% tatap muka dan
50% jarak jauh melalui persiapan yang dilakukan oleh sekolah, guru, dan siswa
yaitu dengan melengkapi fasilitas pendukung pembelajaran blended learning
seperti protokol kesehatan, ketersediaan alat belajar gadget, laptop, internet, serta
media pembelajaran yang digunakan zoom, classroom, dan e-learning. Kedua,
Hambatan yang terjadi pada pembelajaran blended learning lebih banyak pada saat
pembelajaran online, hambatan tersebut seperti jaringan yang tidak mendukung
sehingga penjelasan guru kurang dimengerti. Maka dari itu, solusi yang dilakukan
siswa yaitu dengan bertanya kepada teman, guru, mencatat materi dan membaca
kembali catatan yang telah dibuat. Ketiga, Adanya pembelajaran blended learning
ini membantu dan menjadi solusi dalam mengatasi pemahaman siswa terhadap
materi pelajaran yang dilakukan secara jarak jauh karena dengan adanya blended
learning menjadi lebih aktif dan rajin.

Kata Kunci: blended learning, peningkatan, pemahaman siswa


Preview