Abstak
ABSTRAK
Muhammad Zulkiply , Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku
Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Penerbit Kementerian Agama RI). Skripsi:
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas
Ibn Khaldun Bogor.
Pendidikan karakter adalah upaya untuk mengajarkan nilai-nilai moral dan etika
dengan tujuan membentuk kepribadian yang mulia dan bertanggung jawab.
Pendidikan ini memiliki peran penting dalam sistem pendidikan modern karena
tidak hanya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, tetapi juga
mengembangkan aspek emosional dan sosial individu. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mendeskripsikan pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Sejarah
Kebudayaan Islam (Studi Penerbit Kementerian Agama RI). Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan jenis penelitian Kepustakaan
(Library Research), dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis)
sebagai analisis data. Analisis isi merupakan metode untuk menarik kesimpulan
dengan mengindentifikasi karakteristik khusus dalam pesan komunikasi tertulis,
seperti teks, buku, majalah, surat kabar, berita, objek terdokumentasi lainnya secara
objektif, umum, dan sistematis. Analisis isi disini digunakan untuk mengungkapkan
kandungan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku sejarah
kebudayaan islam studi penerbit kementerian Agama RI. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang termuat dalam buku Sejarah
Kebudayaan Islam Studi Penerbit Kementerian Agama RI sesuai dengan yang
dirumuskan oleh Kemendiknas yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Karakter, Buku Sejarah Kebudayaan Islam.
ABSTRACT
Muhammad Zulkiply, Analysis of Character Education Values in Books on
the History of Islamic Culture (Study by Indonesian Ministry of Religion
Publishers), Thesis: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of
Islamic Studies, Ibn Khaldun University Bogor.
Character education is an effort to teach moral and ethical values with the aim of
forming a noble and responsible personality. This education has an important role
in the modern education system because it not only improves the quality of human
resources, but also develops the emotional and social aspects of individuals. The
aim of this research is to describe the character education contained in the book
History of Islamic Culture, (Study by the Indonesian Ministry of Religion). This
research uses qualitative research methods with the type of library research (Library
Research), using content analysis techniques (content analysis) as data analysis.
Content analysis is a method for drawing conclusions by identifying special
characteristics in written communication messages, such as texts, books,
magazines, newspapers, news, other documented objects objectively, generally and
systematically. Content analysis here is used to reveal the content of character
education values contained in books on the history of Islamic culture studied by
publishers from the Indonesian Ministry of Religion. The results of the research
show that the character education contained in the book History of Islamic Culture
Studies published by the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia is in
accordance with what was formulated by the Ministry of National Education,
namely religious, honest, tolerant, disciplined, hard work, creative, independent,
democratic, curiosity, national spirit, love. homeland, appreciates achievements,
friendly/communicative, loves peace, likes reading, cares about the environment,
cares socially, is responsible.
Keywords: Values, Character Education, Islamic Cultural History Book.