Abstak
Muhammad Saefudin
151104090207
Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib
dipelajari bagi setiap siswa terutama siswa di Madrasah. Saat mempelajari
materi SKI tidak jarang ditemukan faktor-faktor yang berkaitan dengan hasil
belajar siswa yang kemudian berkembang menjadi rendahnya prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tingkat besar motivasi yang dimiliki oleh siswa dalam mempelajari SKI di
MTsN Kota Bogor, mengetahui prestasi belajar yang diperoleh peserta didik
dalam mempelajari SKI di MTsN Kota Bogor dan untuk mengetahui ada atau
tidaknya hubungan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran SKI kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota
Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey
dengan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dan dokumentasi
serta objek penelitiannya berjumlah 50 peserta didik. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa nilai signifikasinya adalah 0,453 yang berarti lebih dari
0,05 maka dari itu kesimpulan dari pengujian signifikasi di atas adalah Ho
ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa terdapat hubungan antara motivasi
belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI di MTsN
Kota Bogor, dengan taraf interpretasi data yang termasuk sedang yaitu antara
taraf 0,40-0,70.
kata kunci: Motivasi belajar, Prestasi belajar dan Sejarah Kebudayaan Islam