Abstak
Maksum
141104091307
Guru adalah sosok manusia yang patut digugu dan ditiru. Digugu dalam arti
segala ucapannya dapat dipercayai. Ditiru berarti segala tingkah lakunya harus dapat
menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat dan motivasi belajar adalah suatu
dorongan didalam diri siswa yang dapat menimbulkan aktivitas kegiatan belajar dan
mengarahkan kegiatan belajar sehingga yang dikehendaki dapat tercapai. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa penting peran guru PAI dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di SMPN 2 Cibinong. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap guru
PAI dan peserta didik. Sedangkan analisis data, peneliti menggunakan model interaktif
yang terdiri dari tiga komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa : peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar dikatakan masih
rendah, guru berperan sebagai motivator dan menjadikan peserta didik sebagai
anaknya sendiri, sehingga guru dapat dengan mudah menjadi tauladan bagi peserta
didik , guru dalam peran nya mengatasi kesulitan peserta didik dengan cara
pendekatan personal, memilih dalam menggunakan metode dan media pembelajaran,
serta melakukan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
Faktor yang mendukung adalah lingkungan sekolah yang ditunjang fasilitasnya,
terdapat peserta didik yang melakukannya, sedangkan untuk faktor penghambatnya
adalah faktor peserta didik, orang tua dan lingkungan masyarakat.
Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam Dan Motivasi Belajar