Abstak
ABSTRAK
Di era digital saat ini, semua bidang kepentingan berlomba-lomba
mempromosikan mereknya di dunia digital demi meningkatkan identitas dan
popularitas lembaga atau organisasi yang didirikan sesuai dengan minatnya.
Media sosial telah menjadi alat yang efektif untuk memperluas jangkauan dan
mempengaruhi persepsi publik terhadap Promosi Pesantren. Penelitian ini
bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana peran media sosial dalam promosi
Pesantren Daarul Uluum., dan bagaimana efektivitas konten terhadap para
penonton ataupun pengikut media sosial tersebut.Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode kualitatif, dimana peneliti melakukan wawancara dengan
salah satu narasumber dari pembuat akun instagram dan wali santri yang
memutuskan menitipkan anaknya ke pesantren Daarul Uluum, serta melakukan
observasi, dan dokumentasi. Hasil dari pembahasan penelitian ini adalah media
digital akun instgaram sebagai wadah untuk promosi pondok dengan berbagi
konten yang disajikan, media digital akun instagram sebagai wadah informasi
untuk publik mengenai kegiatan rutin ataupun kegiatan khusus yang ada di
Pesantren, dan sebagai wadah syiar untuk publik bukan hanya kepada santri tetapi
masyarakat luas.
Kata Kunci : Media Digitaol, Konten Instagram, Promosi Pesantren