Abstak
                                            
                                                 Arief Firmansyah Ramadhan 211105010359 “Efektivitas Penggunaan 
Aplikasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah 
Kebudayaan Islam di MAN 1 Bogor” Pendidikan Agama Islam. Fakultas 
Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun. 2025.Skripsi  
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya studi mengenai 
penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis digital, khususnya Kahoot!, 
dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), fenomena ini memiliki 
dampak signifikan terhadap rendahnya hasil belajar siswa di MAN 1 Bogor. Tujuan 
penelitian ini adalah untuk mengukur peran penggunaan media pembelajaran 
berbasis Kahoot! dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI 
kelas XI di MAN 1 Bogor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain 
quasi experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian 
berjumlah 64 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan 
kelas kontrol, dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes 
hasil belajar (pretest dan posttest) dan dianalisis menggunakan uji normalitas, 
homogenitas, serta uji beda dua rata-rata (Independent Sample T-Test) dengan 
bantuan software SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 
perbedaan yang signifikan antara nilai posttest siswa di kelas eksperimen dan kelas 
kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 85,31, sementara kelas 
kontrol hanya 69,38. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang 
mengindikasikan bahwa penggunaan Kahoot! memiliki peran yang signifikan 
terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan ini sejalan dengan teori 
konstruktivistik dan behavioristik yang mendukung penggunaan media 
pembelajaran aktif dan interaktif. Simpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa 
media Kahoot! berperan penting dalam menciptakan pembelajaran SKI yang lebih 
menarik, aktif, dan bermakna. Implikasi penelitian ini mencakup aspek teoretis 
sebagai kontribusi pada literatur penggunaan media digital dalam pendidikan 
agama, serta aspek praktis sebagai rekomendasi bagi guru dan sekolah dalam 
mengintegrasikan media interaktif berbasis permainan untuk meningkatkan hasil 
belajar siswa. Penelitian ini juga membuka peluang studi lanjutan mengenai 
optimalisasi media digital lain dalam pembelajaran SKI maupun mata pelajaran 
lainnya. 
Kata Kunci: Penggunaan, Kahoot!, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, 
Siswa MAN 1 Bogor.