Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 30 Oct 2025, 15.20



Abstak

Arief Firmansyah Ramadhan 211105010359 “Efektivitas Penggunaan
Aplikasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MAN 1 Bogor” Pendidikan Agama Islam. Fakultas
Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun. 2025.Skripsi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya studi mengenai
penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis digital, khususnya Kahoot!,
dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), fenomena ini memiliki
dampak signifikan terhadap rendahnya hasil belajar siswa di MAN 1 Bogor. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengukur peran penggunaan media pembelajaran
berbasis Kahoot! dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI
kelas XI di MAN 1 Bogor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain
quasi experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian
berjumlah 64 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol, dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes
hasil belajar (pretest dan posttest) dan dianalisis menggunakan uji normalitas,
homogenitas, serta uji beda dua rata-rata (Independent Sample T-Test) dengan
bantuan software SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara nilai posttest siswa di kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 85,31, sementara kelas
kontrol hanya 69,38. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang
mengindikasikan bahwa penggunaan Kahoot! memiliki peran yang signifikan
terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan ini sejalan dengan teori
konstruktivistik dan behavioristik yang mendukung penggunaan media
pembelajaran aktif dan interaktif. Simpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa
media Kahoot! berperan penting dalam menciptakan pembelajaran SKI yang lebih
menarik, aktif, dan bermakna. Implikasi penelitian ini mencakup aspek teoretis
sebagai kontribusi pada literatur penggunaan media digital dalam pendidikan
agama, serta aspek praktis sebagai rekomendasi bagi guru dan sekolah dalam
mengintegrasikan media interaktif berbasis permainan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Penelitian ini juga membuka peluang studi lanjutan mengenai
optimalisasi media digital lain dalam pembelajaran SKI maupun mata pelajaran
lainnya.

Kata Kunci: Penggunaan, Kahoot!, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam,
Siswa MAN 1 Bogor.