Abstak
Esta Fajri Surya Suma
191102031292
Pandemi covid-19 yang memberikan dampak secara langsung kedalam dunia pendidikan yang mengharuskan beralihnya proses pembelajaran langsung (luring) menjadi pembelajaran online (daring). Peran TIK dalam masa pandemi sangat berperan penting dalam proses pembelajaran, dimana berbagai aplikasi atau media E – Learning banyak bemunculan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peran dan pemanfaatan Learning Management System dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model CIPP. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor. Tujuan dari penelitian ini menilai efektifitas penerapan LMS pada pembelajaran daring, menilai faktor – faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran daring berbasis LMS, dan faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis LMS, juga hal – hal yang melatar belakangi terjadinya pelaksanaan pembelajaran daring berbasis LMS.
Kata Kunci: Learning Management System (LMS), pembelajaran daring, CIPP