Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PERANAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA MAN 1 BOGOR
Tahun 2018
Tanggal Input 07 Jul 2025, 11.06



Abstak

Dini Fitriani
141104090314
Di zaman sekarang, globalisasi menimbulkan banyak sekali perubahan dari
segala aspek kehidupan. Perubahan ini tidak dapat dihindari akibat ilmu
pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih. Hal ini mengunggah kesadaran
masyarakat umum pentingnya pendidikan penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Di era globalisasi ini, dunia pendidikan mau tak mau harus menerima
perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Maka pendidikan islam harus
mengembangkan diri, sehingga bisa menjadika peserta didik tidak hanya sukses
dengan IMTAQnya, akan tetapi sukses menghadapi dunia global dengan
IPTEKnya. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk mengimplementasikan
peranan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan motivasi berprestasi pada
siswa MAN 1 Bogor.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Untuk
teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan
dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan korelasi product moment dengan
bantuan SPSS 20 berdasarkan penelitian dan pembahasan mengenai manajemen
pembelajaran dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa MAN 1 Bogor, maka
hasil yang diperoleh rxy yaitu 0,460 atau 0,460 ? ? = 0,05 yang terletak di 0,40 -
0,70, sehingga terdapat korelasi yang positif antara variable X dan variable Y
dengan kategori sedang atau cukup. Dengan df sebesar 60 diperoleh rtabel pada taraf
siginifikan 5% sebesar 0,250 sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh rtabel
sebesar 0,32. Dengan demikian rxy lebih besar dari pada rtabel baik pada taraf
signifikan 5% atau 1%. Sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis
alternative (Ha) diterima.
Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, Motivasi berprestasi.


Preview