Abstak
Nisita Prabawanti
191102021300
Penelitian ini di latar belakangi dengan rendahnya kualitas kinerja, kurangnya
motivasi tenaga pendidik dan kependidikan dengan memberikan penilaian yang
sesuai dengan masalah tersebut supaya dapat meningkatan kinerja tenaga pendidik
dan kependidikan yang dapat mempengaruhi LKP Loly. LKP Loly merupakan
lembaga Pendidikan yang bergerak dalam bidang Pendidikan keterampilan tata rias
pengantin. Kinerja tenaga pendidik dan kependidikan perlu ditingkatkan agar
masyarakat yang memiliki bidang tersebut bisa belajar di LKP Loly. Rumusan
masalah peneliti ini: “Bagaimana penerapan Balanced Scorecard perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan
pada LKP Loly di Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor ?. Metode penelitian
yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif ,
sumber data dalam penelitian ini 1 pimpinan LKP, 1 staff LKP, 2 Tenaga Pendidik
dan 2 kependidikan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Validitas data dalam pen elitian ini menggunakan Teknik triangulasi. Hasil
penelitian ini: 1). penerapan Balanced Scorecard perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan untuk meningkatan kinerja tenaga pendidik dengan menyesuaikan
empat poin penilaian, sedangkan untuk satu poin BSC masih diusahakan oleh
pimpinan LKP untuk mendapatkan NUPTK tenaga pendidik dan kependidikan , 2)
proses pembelajaran yang dilakukan tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan
dengan mewajibkan tenaga pendidik untuk memahami empat metode pembelajaran
agar peserta didik memahami materi dengan baik, dan 3) teknis penilaian terhadap
kinerja tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan dengan dilihat bagaiamana
proses pada saat memberikan materi dan praktek kepada peserta didik dan untuk
kependidikan dilihat bagaimana penyusunan hasil catatan dokumen yang ada dan
administrasi yang sudah disesuaikan.
Kata kunci : Balanced Scorecard Perspektif Pembelajran dan Pertumbuhan,
Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Penilaian