Abstak
Muhamad Nurul
161104090167
Pada pelaksanaan pendidikan kader ulama masih banyak hal yang memerlukan
pembenahan, baik dari sisi keilmuan maupun pada pembentukan sikap mental serta
pembentukan wawasan. Pembenahan ini terkait banyak hal, terutama dalam hubungan
sistem pembelajaran, sumber daya manusia dan yang lebih penting adalah kecerdasan dari individu kader ulama itu sendiri pasca mengikuti pendidikan kader ulama. Dalam kaitan ini, sehingga menarik perhatian untuk menelusuri efektivitas penyelenggaraan pendidikan kader ulama di beberapa pondok pesantren. Penelitian ini tujuannya adalah untuk mendeskripsikan karakteristik insan ullil albab dalam perspektif Al-Qur’an dan
menjelaskan pelaksanaan pendidikan pengkaderan ulama dalam menumbuhkan karakter
insan ulil albab di Pesantren Ulil Albaab UIKA Bogor. Penelitian ini adalah jenis penelitian
lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, proses pendidikan pengkaderan ulama senantiasa mempelajari ilmu-ilmu syariat islam, baik mempelajari kitab klasik maupun kitab kontemporer serta membaca, menghafal dan mengkaji ayat-ayat Allah. Dengan membiasakan dan menumbuhkan budaya adab, ilmu, dakwah, jamaah, mandiri, dan membiasakan diri melaksanakan shalat sunnah, seperti tahajjud, duha, puasa sunnah, dan shalat berjamaah, sehingga menumbuhkan akhlak yang mulia serta menjadi contoh yang baik.
Kata Kunci : Pendidikan, Pengkaderan, Karakter Insan Ulil albab