Abstak
Fauzia Turohmah
171104090892
Pembelajaran jarak jauh berbasis online menjadi alternatif untuk melangsungkan
pembelajaran pada kondisi saat ini. Pendidikan Jarak Jauh merupakan pendidikan
yang peserta didiknya terpisah dari pendidik, dan pembelajarannya menggunakan
berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi internet dan
media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
pembelajaran jarak jauh berbasis online terhadap hasil belajar siswa pada pelajran
PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian expost facto. Jenis
Penleitian ini adalah dengan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian
menunjukan bahwa; 1) Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Oniline dalam
kategori sangat baik dengan perolehan niali 88,7 dari data kuesioner. 2) Hasil
belajar siswa pada pelajaran PAI dalam kategori Baik dengan perolehan nilai 77,7
dari rekapitulasi hasil belajar siswa kelas X IPS dalam bentuk ujian tengah
semester. 3) Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online berpengaruh positif dan
signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 13,3%. Pembelajaran Jarak Jauh
Berbasis online dapat memperbaiki mutu pendidikan agar tetap terlaksana dengan
baik khususnya pada hasil belajar siswa meski dalam kondisi pandemi covid-19.
Kata Kunci:Hasil Belajar Siswa, PAI, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis
Online.