Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Program Studi MANAJEMEN
Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN POTONGAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT.MANAJEMEN MANUFAKTUR INDONESIA BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 30 Jun 2025, 14.08



Abstak

Mardiyana
191104010772
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan
dan potongan harga terhadap kepuasan pelanggan secara simultan dan parsial.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dimana tujuannya
adalah untuk menyajikan hasil penelitian dalam bentuk angka yang lebih akurat
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari
penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta training yang
pernah mengikuti kegiatan training. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah
85 peserta training yang sudah pernah mengikuti kegiatan training di perusahaan
Manajemen Manufaktur Indonesia Bogor, yang diambil melalui penyebaran
kuesioner. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik random sampling,
yaitu teknik pengambilan sampel dari populasi secara acak tanpa memperhatikan
strata yang ada dalam populasi dan setiap anggota populasi memiliki kesempatan
yang sama untuk dijadikan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis
regresi linier berganda yang kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Uji
statistik yang terdiri dari uji t, uji f, dan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini
menyatakan bahwa kualitas pelayanan dan potongan harga berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini mampu memberi kontribusi pada
perkembangan pemasaran.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Potongan Harga, Kepuasan Pelanggan