Abstak
Hubungan antara Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih dengan
Pengamalan Ibadah Shalat Siswa Kelas III MI Al-Fudhola Kabupaten
Bekasi
Latar belakang penelitian ini adalah fenomena secara khusus seperti yang
terjadi pada siswa MI Al-Fudhola Kabupaten Bekasi yang sering sekali didapati
siswa yang mengabaikan shalat lima waktu. Mereka beranggapan bahwa shalat
merupakan sesuatu pekerjaan yang tidak terlalu penting, sehingga banyak anak
anak yang malas dalam mengerjakan shalat lima waktu, padahal shalat itu adalah
merupakan suatu kewajiban setiap mukmin dan sudah menjadi peraturan di MI
Al-Fudhola Kabupaten Bekasi. Selain itu, siswa MI Al-Fudhola Kabupaten
Bekasi masih banyak peserta didik yang belum benar dalam pengamalan tata cara
shalat karena berbagai faktor. Hal inilah yang berdampak pada prestasi siswa MI
Al-Fudhola Kabupaten Bekasi. Nilai ketuntasan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran fiqih pada semester gasal dengan KKM 70 hanya berkisar 47?ri
seluruh jumlah siswa dari yang seharusnya 70%-80%.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) Prestasi Belajar Pada Mata
Pelajaran Fiqih Siswa berada dalam kategori CUKUP BAIK. Hal ini terlihat dari
rata-rata nilai adalah 84,7 data tersebut berada dalam interval 82 – 86. 2)
Sedangkan perhitungan rata-rata Pengalaman Ibadah Shalat Siswa Kelas III MI
Al-Fudhola Kabupaten Bekasi berada dalam kategori CUKUP BAIK. Hal ini
terlihat dari rata-rata adalah 70.5 dan berada pada interval 68 – 71. 3) Terdapat
Hubungan antara Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih dengan Pengalaman
Ibadah Shalat Siswa Kelas III MI Al-Fudhola Kabupaten Bekasi. Hal ini
ditunjukkan bahwa rxy = 0,591 > rt (0,05) = 0, 423 dan rxy = 0,591 > rt (0,01) =
0,537. Dengan demikian ada hubungan positif antara Prestasi Belajar Pada Mata
Pelajaran Fiqih dengan Pengalaman Ibadah Shalat Siswa Kelas III MI Al-Fudhola
Kabupaten Bekasi adalah diterima atau terbukti kebenarannya.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Fiqih dan Pengalaman Ibadah Shalat