Abstak
Azizah Hilmiyyah
161104090097
Pembentukan akhlak merupakan tujuan penting dalam proses pendidikan,
khususnya pendidikan Islam. Akhlak peserta didik dipengaruhi oleh faktor
eksternal maupun faktor internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi akhlak
siswa antara lain keluarga, sekolah dan masyarakat. Sedangkan faktor internal
antara lain kecerdasan emosional peserta didik. Jika kecerdasan emosional tidak
dikembangkan dengan baik, akan banyak orang yang tidak tahu bagaimana
memposisikan diri dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan kecerdasan emosional dengan akhlak siswa MAN 1 Kota Bogor. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa-siswi kelas XI MAN 1 Kota Bogor dengan jumlah 353 siswa. Sampel
penelitian ini diambil 15?ri keseluruhan jumlah siswa kelas XI yaitu sebanyak
52,95 dibulatkan menjadi 53 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, dan questioner. kemudian data yang sudah didapatkan lalu
dianalisis dengan uji normalitas dan uji korelasi product moment dengan
menggunakan SPSS 25. Adapun hasil yang didapatkan berdasarkan nilai sig (2
tailed) yakni sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan
antara kecerdasan emosional dengan akhlak siswa, selain itu, selain itu dapat dilihat
dari hasil perhitungan correlation pearson sebesar 0,743, dan diperoleh yaitu 0,743
berada pada interval 0,70-0,90, artinya terdapat hubungan yang kuat antara
kecerdasan emosional dengan akhlak.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, akhlak siswa