Abstak
Alma Laeli 181105010310."Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and
Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI
Sirojul Falh". Pendidikan Agama Islam.Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun
Bogor.2022. Skripsi.
Tercapainya sebuah pembelajaran setiap guru dituntut untuk dapat memahami hal-hal
yang berhubungan dengan proses belajar misalnya menentukan metode pembelajaran
yang sesuai dengan materi dan keadaan siswa agar proses belajar mengajar lebih aktif dan
efektif. Di Sekolah MI Sirojul Falah Bogor banyak siswa yang masih kesulitan dan
kurang aktif dalam pembelajaran bahasa Arab disebabkan metode yang digunakan guru
adalah metode konvesional. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran bahasa Arab
menggunakan model picture and picture sebagai langkah pembelajaran di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan agar meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran
bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK, teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa. Pembelajaran dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada kegiatan Pretest
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara keseluruhan hanya mencapai 42,85%,
setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Picture
and Picture hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar
54,28%, kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II dan mengalami peningkatan
ketuntasan belajar sebesar 85,71% peningkatan dari Pretest sampai siklus II Meningkat
menjadi 42,86%. Maka dengan hasil ini target yang ingin dicapai dari siswa memperoleh
nilai ?73 sebanyak 80?pat dicapai. Maka penggunaan model Kooperatif tipe Picture
and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di
kelas V.D MI Sirojul Falah Bogor tahun pelajaran 2022/2023 dan model Picture and
Picture dapat digunakan sebagai model alternatif pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif learning, Picture and Picture,
Meningkatkan Hasil Belajar