Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
Program Studi TEKNIK INFORMATIKA
Judul PENGEMBANGAN GAME “SHINBORU” UNTUK SOSIALISASI RAMBU-RAMBU LALU LINTAS BERBASIS ANDROID
Tahun 2018
Tanggal Input 15 Jul 2025, 10.52



Abstak

Abdul Hafizh
11215411015
PENGEMBANGAN APLIKASI GAME “SHINBORU” UNTUK
SOSIALISASI RAMBU-RAMBU LALU-LINTAS BERBASIS ANDROID.
Jumlah korban kecelakaan lalu lintas di Indonesia sekitar 28-30 ribu jiwa per tahun.
Jumlah ini merupakan jumlah yang tinggi untuk degara-negara di tingkat ASEAN.
Kepolisian dalam hal ini telah memberikan upaya sosialiasi kepada masyarakat
melalui sosialisasi rambu-rambu lalu-lintas kepada masyarakat. Banyaknya
individu yang terdapat pada suatu lalu –lintas memerlukan satu kepahaman agar
dapat tercapainya keharmonisan dalam berlalu-lintas. Oleh sebab itu, sosialisasi
rambu-rambu lalu-lintas telah banyak dilakukan oleh berbagai pihak dan berbagai
media. Salah satu sosialisasinya adalah melalui perangkat smartphone yang tahun
ini pertumbuhannya terus meningkat adalah aplikasi Shinboru yang diteliti oleh
Awaludin. Aplikasi Game Shinboru yang sudah disosialisasikan mempunyai
beberapa kekurangan, diantaranya adalah tidak adanya save session dan penilaian
skor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menutupi kekurangan yang ada pada
aplikasi guna menyimpan record skor aplikasi Shinboru. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode pengembangan sistem waterfall yan terdiri dari analisis,
desain interface, implementasi dan pengujian. Pengembangan aplikasi ini nantinya
akan menggunakan bahasa pemrograman Java yang memiliki dukungan
pengembangan untuk jangka panjang, sehingga untuk pengembangan berikutnya
akan lebih mudah.
Kata kunci : android, game, edukasi, lalu-lintas.


Preview