Abstak
Nurhidayah Nasution (171104090903), Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh
Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas IV dan V Di MI
Merdeka Sekolah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,
Universitas Ibn Khaldun Bogor, Skripsi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi COVID-19 yang menimbulkan perubahan
yang cukup signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya pada sistem Pembelajaran
Jarak Jauh (PJJ) yang berdampak pada kualitas pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas IV dan V di MI Merdeka Sekolah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-Postfacto. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil nilai dan dokumentasi. Adapun
hasil dalam penelitian ini ialah tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran
jarak jauh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas IV dan V di MI
Merdeka Sekolah. Terbukti dengan adanya nilai signifikansi dari hasil Uji T
menggunakan Paired T-test sebesar 0,255 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak
terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an pada data
Pretest dan Posttest. Dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak.
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Kemampuan Membaca Al- Qur’an