Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
Program Studi TEKNIK SIPIL
Judul PERENCANAAN TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN KAPTEN DASUKI BAKRI
Tahun 2019
Tanggal Input 01 Jul 2025, 11.04



Abstak

ABSTRAK
PERENCANAAN TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU PADA RUAS
JALAN KAPTEN DASUKI BAKRI. Jalan merupakan prasarana transportasi
darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas
akses harian. Jalan Kapten Dasuki Bakri merupakan jalan akses menuju Universitas
Inais, Pamijihan dan jalur akses wisata gunung salak, yang kondisi sekarang ini
mengalami kerusakan di beberapa titik diantaranya kerusakan jalan berlubang
akibat limpahan air dari saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik, aspal
yang mengalami kerusakan dan mengelupas, beban muatan kendaraan yang
melintas. Seringnya penanganan dalam perbaikan kerusakan tersebut yang hasilnya
tidak sampai bertahan lama, maka perlu adanya suatu penanganan peningkatan
jalan tepat yang dapat mengatasi kerusakan–kerusakan pada ruas jalan tersebut
sehingga jalan dapat bertahan lama. Masalah tersebut perlu diatasi dengan cara
melakukan overlay jalan dengan perkerasan beton dengan umur rencana 20 tahun
dan perhitungan geometrik pada lokasi penelitian tersebut, tujuannya untuk
mendapatkan gambaran kondisi eksisting kerusakan jalan, dan mendapatkan
perhitungan teknis tebal perkerasan kaku yang sesuai kondisi lalu lintas yang ada.
Analisa perkerasan kaku dan geometrik jalan menggunakan standard Metode
AASHTO 1993, dan Bina Marga 2000. Hasil analisis didapatkan tebal pelat
perkerasan kaku sesuai AASHTO 1993 sebesar 24 cm dengan tulangan memanjang
D12-300 mm, tulangan melintang D31-840 mm, Dowel atau Tie bar dipakai
diameter 12 mm, panjang 500 mm dengan jarak 300 mm maka hasil geometrik dari
analisis jalan tersebut adalah full circle.
Kata kunci: Ruas jalan, rigid pavement, geometrik Jalan


Preview