Abstak
Muhamad Azis Latif
14110409128
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan manajeman
pembelajaran di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor Kabupaten Cibinong (2)
hasil belajar siswa pada bidang studi Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor
Kabupaten Cibinong (3) korelasi antara manajemen pembelajaran dengan hasil
belajar siswa pada bidang studi Fiqih di madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor
Kabupaten Cibinong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa Man 1 bogor tahun pelajaran 2018-2019 kelas XI.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket,
dokumentasi. Analisis data menggunakan Correlation Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian pada pembelajaran Fiqih, diketahui bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara manajemen pembelajaran dengan hasil belajar
siswa pada bidang studi Fikih. Yang menyimpulkan bahwa hasil penelitian antara
manajemen pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada bidang studi Fikih di
MAN 1 Bogor Kabupaten Cibinong dengan hasil 0,40 yang berada dikisaran
angka 0,40 – 0,70 yang dilihat dari tabel interpretasi data termasuk korelasi
SEDANG. Kemudian dengan memeriksa Tabel nilai “r” Product Moment ternyata
dengan df sebesar 63, maka diambil nilai yang mendekati yaitu 60 pada taraf
signifikan 5% diperoleh r Tabel 0,254 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh r
Tabel 0,330. Dengan demikian pada taraf signifikasi 5% rxy = 0,63 > r Tabel
0,254 dan pada taraf signifikasi 1% rxy = 0,63 > r Tabel 0,330, berarti hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik
manajemen pembelajaran maka akan semakin baik pula hasil belajar siswa di
MAN 1 Bogor Kabupaten Cibinong.
Kata Kunci : Manjemen Pembelajaran, Hasil Belajar, Fiqih.