Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK SEKOLAH DASAR DALAM MENGHAFAL AYAT AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASSA’ADAH GUNUNG PUTRI BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 05 Jul 2025, 10.22



Abstak

Warotsatul Karomah
171104090906
Peran orang tua sangat memiliki arti penting dalam mendorong anak menghafal
Al-Qur’an. Orang tua berperan membangkitkan semangat, mengawasi dan
mendampingi anak menghafal Al-Qur’an serta menjaga keistiqomahan dalam
proses menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
orang tua menjalankan perannya dalam mendukung perkembangan anak pada
program menghafal ayat Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Assa’adah. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deksriptif.
Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wanwancara
dilakukan terhadap 20 siswa kelas tiga yang bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah
Assa’adah dan orang tua dari masing-masing siswa tersebut. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa orang tua sangat penting terhadap perkembangan anak
dalam menghafal ayat Al-Qur’an memberikan motivasi yaitu dapat berupa orang
tua sebagai motivator, orang tua memberikan fasilitas dalam menghafal, orang
tua mengadakan pengawasan dan pengecekan, orang tua memberi keteladanan
dan memberi perintah untuk mencontoh. Berdasarkan analisis data yang diadakan
di Madrasah Ibtidaiyah Assa’adah Gunung Putri Bogor dapat disimpulkan dan
dipahami bahwa peran orang tua terhadap perkembangan anak dalam menghafal
ayat Al-Qur’an dapat dikategorikan kurang baik karena 10 orang tua siswa telah
menjalakan perannya sebagai orang tua dengan baik, dalam hal pendidikan anak
terutama pada kegiatan menghafal ayat Al-Qur’an. Sedangkan 10 orang tua siswa
lainnya belum menjalankan perannya dengan baik.
Kata Kunci : Anak Sekolah Dasar, Menghafal Al-Qur’an, Peran Orang Tua.


Preview