Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS 10 DI SMK TRI DHARMA 2 BOGOR
Tahun 2020
Tanggal Input 25 Jun 2025, 11.07



Abstak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN
ARTICULATE STORYLINE UNTUK MATA PELAJARAN IPA
KELAS 10 DI SMK TRI DHARMA 2 BOGOR
Anugrah Maulidan
161101221154
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengembangkan media pembelajaran untuk
mendukung proses kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA pada pokok
bahasan Limbah di kelas 10 Pemasaran2 di SMK Tri Dharma 2 Bogor. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ASSURE.
Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 10 Pemasaran2 di SMK Tri
Dharma 2 Bogor. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, hasil
penilaian kelayakan uji coba ahli desain pembelajaran terhadap media articulate
Storyline adalah 81,5% (Sangat Layak). Kemudian hasil penilaian kelayakan uji
coba ahli media terhadap media articulate Storyline adalah 66% (Layak).
Selanjutnya hasil penilaian kelayakan uji coba ahli materi terhadap media articulate
Storyline adalah 90,9% (Sangat Layak). Lalu hasil penilaian kelayakan uji coba one
to one terhadap media articulate Storyline adalah 79,4% (Layak) dan hasil penilaian
kelayakan uji coba small grup terhadap media articulate Storyline adalah 78,125%.
(Layak).
Kata Kunci : Research and Development, Model ASSURE, Ilmu Pengetahuan
Alam