Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
Program Studi TEKNIK SIPIL
Judul EFEKTIFITAS POLISI TIDUR (ROAD HUMPS) DALAM MEREDUKSI KECEPATAN PADA RUAS JALAN H. M. SYARIFUDIN DI KOTA BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 16 Jun 2025, 09.38



Abstak

Ari Setiawan
151105121220
EFEKTIFITAS POLISI TIDUR (ROAD HUMPS) DALAM MEREDUKSI
KECEPATAN PADA RUAS JALAN H. M. SYARIFUDIN DI KOTA
BOGOR. Polisi tidur (road humps) merupakan salah satu fasilitas rekayasa lalu
lintas yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan bermotor yang
melewati suatu ruas jalan. Polisi tidur (road humps) adalah peninggian melintang
permukaan jalan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan kendaraan. Polisi
tidur (road humps) dikenal dengan berbagai jenis, diantaranya Speed Bump, Speed
Hump, dan Speed Tables. Oleh karena itu dilakukan analisis efektifitas polisi tidur
(road humps) dalam fungsinya sebagai pereduksi kecepatan kendaraan pada suatu
ruas pada jalan Jalan H.M. Syarifudin di Kota Bogor. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui berapa besar efektifitas polisi tidur (road humps) dalam
mereduksi kecepatan kendaraan dan apakah dimensi dan pembuatan polisi tidur
(road humps) sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia
No PM 14 Tahun 2021. Penelitian menggunakan metode analisis survei untuk
pengambilan data dengan metode pengamatan kecepatan pengendara pada saat
melewati polisi tidur dan pada saat tidak melewati polisi tidur. Pada jalan Jalan
H.M. Syarifudin di Kota Bogor diperoleh kecepatan rata-rata sepeda motor pada
saat melewati polisi tidur 13,59 km/jam dan pada saat tidak melewati polisi tidur
34,57 km/jam sedangkan untuk mobil pada saat melewati polisi tidur 11,28 km/jam
dan pada saat tidak melewati polisi tidur 31,49 km/jam. Hal tersebut menunjukkan
hasil yang tidak efektif.
Kata kunci: Efektifitas, polisi tidur, road humps, kecepatan, survei.