Abstak
                                            
                                                 Ayu Mandasari NPM 211105050061. 
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis 
siswa kelas 5, yang disebabkan karena guru tidak selalu menggunakan model 
dalam pembelajaran, sehingga siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan 
penjelasan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan 
berpikir kritis siswa kelas 5 pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebelum 
dan sesudah penerapan pembelajaran berbasis proyek, mendeskripsikan 
implementasi pembelajaran IPA berbasis proyek di kelas 5, serta mengidentifikasi 
faktor penghambat dan pendukung dalam proses pembelajaran tersebut. Metode 
penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain sequential 
explanatory, yaitu pengumpulan dan analisis data kuantitatif diikuti oleh data 
kualitatif untuk memperkuat hasil penelitian. Sampel dalam penelitian ini 
berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi kelas kontrol sebanyak 30 siswa, dan 
kelas eksperimen sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai 
rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 73,70, sementara kelas kontrol adalah 
58,07. Setelah perlakuan, yaitu penerapan pembelajaran berbasis proyek pada kelas 
eksperimen, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat secara signifikan 
menjadi 84,10, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yang tidak diberi 
perlakuan khusus, meningkat menjadi 67,83. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
penerapan pembelajaran IPA berbasis proyek memberikan pengaruh dalam 
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, hasil penelitian 
menunjukkan bahwa faktor penghambat pembelajaran berbasis proyek yaitu 
keterbatasan waktu, keterbatasan sumber daya, keterbatasan pengetahuan dan 
keterampilan guru, serta resistensi siswa. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu 
ketersediaan sumber daya, seperti ruang kelas dan beberapa alat peraga, 
keterlibatan guru, serta kolaborasi antara guru dan siswa. 
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Proyek, Mixed Methods