Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi EKONOMI SYARIAH
Judul PENGARUH BAURAN PEMASARAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE GACOAN (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah FAI UIKA)
Tahun 2023
Tanggal Input 31 May 2025, 10.25



Abstak

ABSTRAK
Rafi Indrawan (191105040084), Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah Terhadap
Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah
Universitas Ibn Khaldun Bogor).
Dalam sebuah bisnis, pemasaran sangatlah berperan penting, baik dalam
memasarkan barang ataupun jasa. keputusan membeli kemudian hasil atau perilaku
pembeli. Salah satu strategi untuk mempengaruhi keputusan pembelian adalah dengan
menerapkan bauran pemasaran syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh produk, harga, promosi, dan tempat terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan,
pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif metode
asosiatif. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Syariah
Universitas Ibn Khaldun Bogor. Sampel yang digunakan dalam studi kasus ini adalah 70
responden didapat dari rumus Slovin. Responden dipilih berdasarkan metode purposive
sample. Pengujian hipotesis dalam studi kasus ini menggunakan teknikteknik analisis
regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Produk tidak berpengaruh
secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung -0,360 < t tabel sebesar
1,998. Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t
hitung 3,620 > t tabel sebesar 1,998. Lalu promosi tidak berpengaruh secara parsial
terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar -0,544 < t tabel sebesar
1,998. Dan tempat berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai
t hitung 3,199 > t tabel sebesar 1,998. Serta secara simultan produk, harga, promosi dan
tempat memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung sebesar
11,221 > f tabel sebesar 2,51.
Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Tempat dan Keputusan Pembelian.


Preview