Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN FIQIH WUDHU KELAS A II DI TPA AL-HIKMAH KOTA BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 04 Jul 2025, 10.18



Abstak

Nina Nurhaeni 181105010335, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas
A II Di Tpa Al-Hikmah Bogor 2022”. Dibimbing oleh Chodidjah Makarim dan
Kamaludin. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas
Ibn Khaldun Bogor
Pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat penting untuk memajukan suatu
generasi bangsa dan negara dari ketertinggalan baik dalam ilmu pengetahuan maupun
teknologi. Pendidikan adalah sebagai usaha membbina dan mengembangkan pribadi
manusia, baik menyangkut aspek ruhiah dan jasmani. Model pembelajaran adalah suatu
model yang dipraktekkan atau diterapkan pada peserta didik, salah satunya adalah model
pembelajaran Picture and Picture. Maka dari itu, model Picture and Picture merupakan
salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil
belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Model Picture and Picture adalah
salah satu model pembelajaran yang menggunakan gambar sehingga dapat menarik
perhatian siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ruang lingkup pembelajaran fiqh (2)
faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar (3) hasil belajar siswa setelah
menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran fiqh (4)
dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran fiqh.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) maksud dari
penelitian tindakan kelas yaitu merupakan bagian dari penelitian tindakan (action
research) dan peneltian tindakan ini bagian dari penelitian pada umumnya. Jadi,
penelitian adalah suatu kegiatan penyelidikan yang dilakukan menurut metode ilmiah
yang sistematis untuk menemukan informasi ilmiah atau teknologi baru, membuktikan
kebenaran atau ketidakbenaran hipotesis sehingga dapat dirumuskan teori atau proses
gejala sosial.
Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut dari hasil belajar menunjukan bahwa
hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan pembelajarn
siklus I dan siklus II dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran
picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajar Fiqh materi
tata cara berwudhu.
Kata Kunci : Hasil belajar, Fiqh, Model Picture and Picture


Preview