Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD (PENELITIAN TINDAKAN KELAS, USIA 4-5 TAHUN, DI TK PERMATAHATI KABUPATEN BOGOR, 2017)
Tahun 2017
Tanggal Input 03 Jul 2025, 14.52



Abstak

ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE
READ ALOUD (PENELITIAN TINDAKAN KELAS, USIA 4-5 TAHUN, DI
TK PERMATAHATI KABUPATEN BOGOR, 2017)
Oleh:
Muhammad Rusvendy Doddyansyah
NPM : 131101021406
PLS/PAUD Universitas Ibn Khaldun Bogor
Muhammad Rusvendy Doddyansyah 2017, 131101021406, Pengenalan
kemampuan bahasa yang menyeluruh perlu didapatkan anak sedari tahap anak
usia dini. Observasi menujukan bahwa anak Kelas A di TK Permatahati dalam
kegiatan yang berhubungan dengan kemampuan literasi belum sesuai harapan
karena kurangnya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan bahasanya.
Pembatasan masalah pada penelitian ini adalah penggunaan metode read aloud
dengan media buku cerita yang diduga efektif untuk meningkatkan kemampuan
bahasa anak usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan bahasa anak yaitu kemampuan literasi dengan media buku cerita
yang dibacakan kepada anak. Penelitian ini mengunakan pendekatan action
research atau Penelitian Tindakan Kelas dengan tehnik analisis data dari dua
siklus dan studi literatur. Hasil penelitian menujukan bahwa hasil pra siklus 0%
anak yang Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik, pada
Siklus I 40% anak Berkembang Sesuai Harapan dan pada Siklus II 55% anak
Berkembang Sesuai Harapan dan 29?rkembang Sangat Baik. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah adalah kegiatan pembelajaran pada kemampuan literasi
mengunakan metode read aloud dengan media buku cerita dapat menigkatkan
kemampuan bahasa anak.
Kata Kunci: Kemampuan Bahasa, Read Aloud, Buku Cerita.


Preview