Abstak
PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) DI SMA NEGERI 10 KOTA
BOGOR” Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn
Khaldun Bogor.
Evaluasi pembelajaran yang sistematis dapat digunakan untuk menentukan dan membuat
keputusan sampai sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Beberapa peserta didik
kurang disiplin dalam penugasan pada mata pelajaran PAI. Kemajuan teknologi dan
informasi memiliki peran penting untuk strategi digitalisasi dalam pembelajaran salah
satunya pemanfaatan Computer Based Test dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi evaluasi pembelajaran PAI
berbasis CBT di SMAN 10 Bogor. (2) untuk mengetahui hasil implementasi evaluasi
pembelajaran PAI berbasis CBT di SMAN 10 Bogor. (3) untuk mengetahui hambatan
implementasi evaluasi pembelajaran PAI berbasis CBT di SMAN 10 Bogor. Peneliti
menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian studi kasus.
Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian
ini adalah waka kurikulum, guru PAI, tim IT dan 2 siswa. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis dan hasil yang didapat dalam penelitian ini (1) Implementasi evaluasi
pembelajaran PAI berbasis CBT mulai dari tahap perencanaan sekolah, perencanaan guru
dan tahapan siswa dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI berbasis CBT sesuai
prosedur. (2) Hasil dari kegiatan ini terjadinya efektifitas, efisiensi waktu dan anggaran,
objektivitas, kepraktisan dan fleksibilitas serta meningkatkan karakter siswa seperti jujur,
disiplin, percaya diri. (3) Hambatan dalam kegiatan ini terbagi 2 yaitu hambatan eksternal
yaitu beberapa guru belum mampu secara mandiri dalam oprasional CBT dan hambatan
internal yaitu pada jaringan tidak stabil, device terserang virus dan beberapa handphone
siswa yang belum sesuai kesulitan mengakses CBT. Namun sekolah mampu mengatasi
kendala tersebut sehingga kegiatan dapat berjalan dan berdampak positif bagi pihak terlibat
diantaranya sekolah, guru dan siswa.
Kata kunci: Evaluasi pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Computer Based
Test