Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MI TARBIYATUL AULAD CIBINONG KABUPATEN BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 30 May 2025, 09.57



Abstak

Diesti Septiani
Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
diestisp@gmail.com
Implementasi pembelajaran tematik berbasis reward dan punishment dalam
membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dilatarbelakangi
berdasarkan hasil observasi awal penelitian dimana seringkali dalam proses
pembelajaran tematik guru mendapatkan siswa-siswinya tidak menunjukan
kedisiplinan dan rasa bertanggung jawab sesuai yang diharapkan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1).Proses implementasi pembelajaran tematik
berbasis reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa kelas II, (2).Dampak implementasi pembelajaran tematik
berbasis reward dan punishment terhadap pembentukan karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
bersifat deskriptif untuk meninjau secara mendalam implementasi pembelajaran
tematik berbasis reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas II, sedangkan data sekunder berupa jurnal dan buku-buku yang
relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi
dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model yang
dikemukakan Miles and Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian
data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion
drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga
tahapan dalam proses implementasi pembelajaran tematik berbasis reward dan
punishment di kelas II yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari
pelaksanaan. Reward yang diberikan berupa kalimat pujian, bahasa tubuh,
pemberian bintang dan penambahan nilai. Pemberian punishment berupa teguran
atau peringatan dan hukuman edukatif, (2) Dampak dari implementasi tersebut
adalah karakter disiplin dan tanggung jawab siswa meningkat sedikit demi
sedikit, hal ini terlihat dari adanya perubahan perilaku siswa pada proses
pembelajaran tematik.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Reward dan Punishment, Disiplin,
Tanggung Jawab.