Abstak
Firman Maulana 171104090883, “Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan
Kemampuan Belajar Baca Al – Qur’an Melalui Metode Tilawati Di SDIT Uswatun
Hasanah Depok”. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas
Ibn Khaldun Bogor. 2021. Skripsi
Dengan adanya pembelajaran PAI baca al – quran menggunakan metode
klasikal peserta didik mengalami kejenuhan belajar, sehingga menurunnya
kemauan belajar peserta didik saat proses pembelajaran PAI baca Al-Quran. Oleh
karena itu guru pendidikan agama Islam harus berupaya untuk mengembangkan
kembali metode belajar dan minat belajar peserta didik selama mengikuti
pembelajaran PAI dalam membaca Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk menganalisis upaya dan kendala guru PAI dalam penggunaan metode
belajar PAI. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
studi kasus, yaitu merupakan metode untuk mengumpulkan dan menganalisis
data suatu kasus tertentu. Hasil dari penelitian ini yaitu berbagai upaya guru
pendidikan agama Islam dalam mengembangkan daya minat belajar membaca
Al-Quran pada pelajaran PAI meliputi: mengenal huruf hijaiiyah, memotivasi
siswa, mengadakan test baca Al-Quran secara satu persatu, mengarahkan orang
tua wali murid untuk memberikan stimulus anak dalam belajar baca Al-Quran,
dan melakukan pengajaran baca Al-Quran ketika dirumah. Dan terdapat beberapa
kendala yang dihadapi guru PAI saat pelaksanaan pembelajaran baca Al-Quran :
peserta didik belum mengenal huruf hijaiyyah, masih sulitnya pelafalan huruf
arab, peserta didik tidak mengaji ketika dirumah, siswa mengalami kurang
lancarnya dalam membaca Al-Quran, dan kurangnya perhatian serta arahan dari
orang tua.
Kata kunci: Guru PAI; Kemampuan Belajar; Metode tilawati