Abstak
Arsya Dhana Rizky Syaputra 181105010248, “Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI SMAN 5 Kota
Bogor” Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun
Bogor 2022. Skripsi.
Penggunaan media dalam proses pembelajaran diharapkan dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran dan tidak menjenuhkan siswa selama
pembelajaran. Berdasarkan kejadian tersebut, guru harus menawarkan pelajaran
yang penuh kreativitas agar siswa tertarik dan mau mengikuti proses
pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan belajar, yang pada
akhirnya bermuara pada peningkatan hasil yang dicapai anak dari proses belajar
tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dan menggunakan
metode quasi experiment yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data serta
hipotesa yang sesuai dengan teori dan konsep yang telah dikumpulkan
sebelumnya. Hasil belajar pada kelas eksperimen menggunakan media Quiziizz
meningkat dari rata-rata nilai pre-test sebesar 63,66 dan rata-rata nilai post-test
sebesar 74,94. Dilihat dari Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (independen
sampel t-test), meskipun nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen lebih
tinggi dibandingkan kelas kontrol, tetapi hasil hipotesis nilai Sig. (2-tailed), 0.078
> 0,05. Maka Ha ditolak dan H0 diterima. Penggunan media pembelajaran quiziizz
berdasarkan Hasil uji-t (independent sample t-test) tidak ditemukan pengaruh
terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan Media Game edukasi Quizizz
pada pembelajaran PAI di SMAN 5 Kota Bogor. Penggunaan media game edukasi
kuis tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dibuktikan dengan gambar uji
hipotesis dengan skor Sig (2- tailed), 0.078 yang lebih dari 0,05
Kata kunci: penggunaan, quiziizz, media pembelajaran.