Abstak
PURNAMA KRISTI NAPITUPULU, NPM: 161101021361, Pengaruh
Penggunaan Microsoft Power Point Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik
Paket B di PKBM Yayasan Gemilang Mandiri Cilebut Bogor, di bawah bimbingan
Dr. Masitowati Gatot, M.Ed.,M.Si dan Rahmi Alendra Yusiyaka, M.Pd
Rumusan masalah penelitian yang dikemukakan adalah “Bagaimana
pengaruh antara penggunaan microsoft power point dengan motivasi belajar peserta
didik paket B di PKBM Yayasan Gemilang Mandiri di Cilebut Bogor”? Mengacu
kepada rumusan masalah maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui;
Penggunaan Microsoft Power point dan Motivasi Belajar di PKBM, serta
mengetahui pengaruh penggunaan microsoft power point dengan motivasi belajar
peserta didik paket B di PKBM Anugerah Indonesia di Kecamatan Cileungsi
Kabupaten Bogor.
Hipotesis penelitian sebagai berikut;
H0: Tidak terdapat pengaruh penggunaan microsoft power point terhadap motivasi
belajar peserta didik paket B di PKBM Yayasan Gemilang Mandiri.
H1: Terdapat pengaruh penggunaan microsoft power point terhadap motivasi
belajar peserta didik paket B di PKBM Yayasan Gemilang Mandiri Cilebut
Bogor.
Metode penelitian adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data utama
melalui kuisioner untuk sejumlah 66 (enam puluh enam) orang responden yang
semuanya merupakan peserta didik paket B pada PKBM Yayasan Gemilang
Mandiri. Hipotesis penelitian (H0) diuji dengan koefisien korelasi product moment
pearson dan uji signifikasi dengan uji t-studen pada tingkat kepercayaan 95% atau
tingkat signifikansi 0,05.
Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,49 yang
menandakan bahwa pengaruh penggunaan microsoft power point terhadap motivasi
belajar peserta didik paket B di PKBM Yayasan Gemilang Mandiri berada pada
kategori SEDANG, kategori sedang tersebut dikuatkan dengan koefisien
determinasi sebesar 24,01%, hal ini menunjukkan bahwa Penggunaan Microsoft
Powerpoint memiliki kontribusi sebesar 24,01% Motivasi belajar peserta didik
paket B di PKBM Yayasan Gemilang Mandiri dan sisanya sebesar 75,99%
merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain. Selanjutnya nilai koefisien korelasi
diuji dengan t-student, hasilnya memperlihatkan bahwa t-hitung = 4,4969
sedangkan nilai t-tabel sebesar = 1,998, karena t-hitung > t-tabel berarti nilai t
hitung berada pada daerah penolakan H0 atau berada pada daerah penerimaan H1.
Berdasarkan kondisi tersebut di atas, penelitian ini menolak Hipotesis nol
(H0), yang berbunyi: “Tidak terdapat pengaruh penggunaan microsoft power point
terhadap motivasi belajar peserta didik paket B di PKBM Yayasan Gemilang
Mandiri Cilebut Bogor” dan menerima Hipotesis hipotesis alternatif (H1), yang
berbunyi: “Terdapat pengaruh penggunaan microsoft power point terhadap motivasi belajar peserta didik paket B di PKBM Yayasan Gemilang Mandiri
Cilebut Bogor”, dengan kata lain penelitian ini membuktikan bahwa pengaruh
microsoft power point berkontribusi positif.