Abstak
                                            
                                                 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak, 
pemahaman peraturan perpajakkan serta sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak 
orang pribadi di PT. Terang Nusantara Sepuluh. Sampel yang digunakan dalam penelitian 
ini adalah wajib pajak orang pribadi yang bekerja di PT. Terang Nusantara Sepuluh 
sebanyak 37 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 
adalah menggunakan purposive sampling. Adapun jenis data yang digunakan dalam 
penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa nilai atau skor atas jawaban yang 
diberikan oleh responden terhadap pernyataan-pernyataan yang ada dalam kuesioner. 
Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Data primer diperoleh dari pengamatan 
langsung, wawancara, kuesioner dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji 
kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. 
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas 
pelayanan pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. 
Kemudian pemahaman peraturan perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan 
terhadap kepatuhan wajib pajak. dan sanksi perpajakan berpengaruh secara parsial terhadap 
kepatuhan wajib pajak. 
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi 
perpajakan