Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Program Studi AKUNTANSI
Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN SERTA SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI
Tahun 2023
Tanggal Input 01 Aug 2025, 10.46



Abstak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak,
pemahaman peraturan perpajakkan serta sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak
orang pribadi di PT. Terang Nusantara Sepuluh. Sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah wajib pajak orang pribadi yang bekerja di PT. Terang Nusantara Sepuluh
sebanyak 37 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah menggunakan purposive sampling. Adapun jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data kuantitatif yang berupa nilai atau skor atas jawaban yang
diberikan oleh responden terhadap pernyataan-pernyataan yang ada dalam kuesioner.
Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Data primer diperoleh dari pengamatan
langsung, wawancara, kuesioner dan observasi. Metode analisis data menggunakan uji
kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kualitas
pelayanan pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Kemudian pemahaman peraturan perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap kepatuhan wajib pajak. dan sanksi perpajakan berpengaruh secara parsial terhadap
kepatuhan wajib pajak.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi
perpajakan