Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul ANALISIS HIDDEN CURRICULUM DALAM SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI MAN 1 KABUPATEN BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 05 Jul 2025, 10.10



Abstak

Nur Indah Handayani
171104090173
Hidden curriculum diterapkan di sekolah/madrasah, namun pada kondisi sekarang
berubah disebabkan oleh pandemi Covid-19 sehingga pembelajaran dilakukan secara
online. Akibatnya, kurikulum tersembunyi dilaksanakan secara online. Hidden
curriculum yang digunakan juga mengalami perbedaan dalam pelaksanaannya ketika
pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisa model hidden curriculum pada input, proses, output, untuk mengetahui
bentuk, pelaksanaan, tantangan dan kelebihan hidden curriculum dalam sistem
pembelajaran online di MAN 1 Kab. Bogor. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penyimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: hidden
curriculum pada input, proses, dan output di MAN 1 Kab. Bogor yaitu pada input: visi
dan misi, program kerja, dan rencana strategi. Pada proses: program kegiatan madrasah,
pembiasaan siswa, tata tertib, keteladanan guru, pengelolaan kelas, ekstrakulikuler, dan
sitem budaya. Pada outp ut: sikap dan karakter, kepercayaan (akidah), dan nilai. Hidden
curriculum dalam sistem pembelajaran online di MAN 1 Kab. Bogor meliputi
pembiasaan siswa, tata tertib, keteladanan guru, dan pengelolaan kelas. Pelaksanaan
hidden curriculum dalam sistem pembelajaran online di MAN 1 Kab. Bogor dilakukan
sebelum pembelajaran dimulai, saat proses pembelajaran berlangsung, dan setelah
pembelajaran selesai. Kelebihan dan tantangan pelaksanaan hidden curriculum dalam
sistem pembelajaran online yaitu guru menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran,
guru menggunakan media belajar bervariasi, dan kelebihannya hidden curriculum dapat
diterapkan dengan baik walaupun tidak seefektif seperti pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Hidden Curriculum, Sistem Pembelajaran Online.


Preview